Bupati Aswari Cup Road Race di Sirkuit Manggul Lahat Digelar Dengan Standar Nasional
Bupati Lahat, H Aswari Rivai melepas start balap motor Aswari Cup di Sirkuit Manggul. (Foto : Prima).
.

Bupati Aswari Cup Road Race di Sirkuit Manggul Lahat Digelar Dengan Standar Nasional

motorinanews (Lahat) - Kehadiran Sirkuit Manggul Lahat di Sumatera Selatan semakin terasa manfaatnya. Selain seringnya kejuaraan digelar, pelaksaan event mengacu kepada standar nasional. Ini akan menjadikan pebalap semakin profesional berkompetisi.

Seperti yang terlihat saat digelar "All About Road Race Bupati Cup II 2017" yang berlangsung Sabtu dan Minggu (9-10/9). Event garapan bareng Cendrawasih Bungsu Sirkuit selaku pengelola Sirkuit Manggul dan Montesz Sport Club ini terasa seperti Kejuaraan Nasional Balap Motor.

Sepanjang Sabtu khusus buat babak kualifikasi alias QTT (qualifying time trial). Hasil QTT menentukan grid position rider saat balap di hari Minggu. "Tentu kita serius, gak mau asal menyelenggarakan event di sirkuit permanen," sebut Indra Zafella, Direktur Sirkuit Manggul memberi alasan.

Maka dipasanglah transponder di setiap motor balap peserta. Sebanyak 292 starter berusaha menjadi yang tercepat dan terdepan dalam 20 kelas perlombaan yang tersedia.

"Untuk timing system memang masih rental dari Morac di Jawa Barat. Nantinya akan punya sendiri," ungkap Indra, mantan rider yang juga punya tim balap motor Indela Aswari Racing.

Manajemen Sirkuit Manggul memang menepati komitmen demi membuat event berkualitas. "Diharapkan akan muncul juga pebalap berkualitas dari sirkuit ini," harap H. Aswari Riva'i, Bupati Lahat sekaligus owner Sirkuit Manggul yang hobi offroad dan motocross.

Pria berusia 53 tahun yang biasa disapa Kak Wari ini memang selalu mendukung penuh berbagai kegiatan otomotif di Sumatera Selatan.

Pengorbanannya mulai membuahkan hasil. Pebalap pun menjadi terbiasa kompetisi di sirkuit permanen dengan perlombaan dikelola profesional, bukan lagi mengikuti balap yang diadakan di jalanan.

Apa yang terjadi di sirkuit? Rider asal Jambi menguasai podium juara di kelas MP1 dan MP2. Agung Septian dari AJM Apotek Sehat BST Jambi mengasapi Yogi asal Kertapati, Sumsel yang membela Karin Racing Team.

Di belakangnya menyusul Edi Kurniadi, rekan Agung dari Jambi yang bernaung di bawah bendera AJM Apotek Sehat ABF Ara Ilir.

Sementara di kelas MP2 atau Bebek 4-tak tune-up 125cc mix, Agung kembali naik podium pertama. Posisi kedua ditempati Kalingga, rider asal Lahat yang membela Aswari RMS Rifat IRC. Tangga podium ketiga dinaiki Bima Aditya asal Lampung dari KJR MVK Racing Lampung.

Hasil berbeda terlihat di kategori pemula. Pada kelas MP3 atau Bebek 4-tak tune-up 150cc mix pemula, Aden Putra asal Muara Enim finisher pertama. Rider bernomor #44 dari Aswari Ninos Muara Enim ini meninggalkan Afi Cafirossi asal Lubuklinggau membela tim Linggau Bisa, Honda Beat. Posisi ketiga ditempati Iben Alexander dari KJR MVK Racing Lampung.

Menariknya, di kelas MP3 terjadi perang merek motor. Yamaha, Honda dan Suzuki berjadi urutan pemenang.

Lanjut ke kelas MP4 alias Bebek 4-tak tune-up 125cc mix pemula. Pebalap Riko Hardiansyah asal Curup, Bengkulu leading. Rider bernomor #184 dari Putra Mas Racing Team ini mengasapi Iben Alexander dan Ahmad Syaifuddin asal Muara Bungo, Jambi yang berada di bawah panji Fadlan ATMS Prabu Sutra Bakti GMG. Bedanya semua pemenang mengendarai Yamaha.

Selain mengantongi poin kejuaraan Bupati Cup, pebalap juga dihitung poin untuk kejuaraan series yang digelar Montesz di 8 kota di Sumbagsel.

"Balapan kali ini ada sedikit perubahan lay-out sirkuit. Trek di Manggul memang bisa kita ganti dan sesuaikan dengan kebutuhan," jelas Indra Zafella. 

"Pelaksanaan race berjalan lancar dan zero accident. Semua pebalap happy karena sirkuitnya bagus dan nyaman buat balapan. Sempat hujan deras tetapi race bisa berlanjut sebab tidak ada genangan air di trek," puas Kak Wari yang hadir langsung dan memberikan support di sirkuit.

 Mantap! (BangVe, Prima)

# TAGS : Aswari Rivai Bupati Cup Sirkuit Manggul