IMI Kalbar Kelola SSA Jadi Sirkuit Standar Nasional
IMI Kalbar dan instansi terkait survey ke komplek SSA di Pontianak (foto: Deden).
.

IMI Kalbar Kelola SSA Jadi Sirkuit Standar Nasional

mobilinanews (Pontianak) - Tak bisa dipungkiri, Kalimantan Barat sudah saatnya memiliki sirkuit yang layak dipakai balapan. Namun untuk mewujudkan sebuah sirkuit baru, tentunya bukan perkara gampang. Selain butuh lahan luas dan biaya besar, juga perlu waktu buat mewujudkannya. Lalu apa yang harus dilakukan?

Salah satu caranya adalah memanfaatkan lahan yang ada. Sasarannya apalagi kalau bukan komplek stadion olahraga Sultan Syahril Abdurahman (SSA) yang terletak di MT Haryono, Pontianak. Ide ini mulai dibicarakan Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (Pengprov IMI) Kalimantan Barat pekan lalu.

Pengprov IMI Kalbar audiensi dan rapat bersama dengan instansi terkait, seperti Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kalbar, serta KONI Kalbar. "Dari hasil rapat bersama Dispora dan KONI Kalbar didapatlah putusan bahwa lahan SSA akan dikelola secara profesional oleh IMI Kalbar menjadi sirkuit," puas Yuliansyah, Ketua Pengprov IMI Kalbar.

Yaps! Ada sejumlah perbaikan yang harus dilakukan. Rencana dimulai April mendatang. Secara teknis tak banyak dilakukan perubahan bentuk, karena tinggal menambah beberapa titik agar panjang lintasan menjadi 1200 meter.

Agar lintasan bagus, perlu diaspal ulang sesuai standar balap. Masalah pengairan dan teknis line sirkuit akan dibuat standar nasional. Nantinya, dalam seminggu ada tiga hari digunakan untuk latihan balap. Hari lain tetap berfungsi untuk umum.

"Usulan IMI Kalbar menjadi pengelola sirkuit diterima. Kita akan tingkatkan sirkuit berstandar nasional. Termasuk menyediakan gokart dan tempat kegiatan komunitas otomotif sehingga tidak di jalanan lagi," tutur Yuliansyah. Ide kreatif!

Ternyata rapat selain dihadiri Ketua KONI Fachrudin Siregar, Sekum dan Kabid IMI Kalbar, juga diikuti Forpenta (Forum Penjual Bunga). "Nantinya kita akan ajak Forpenta memanfaatkan lahan kosong sekitar area untuk pemugaran dan pengelolaan sirkuit," ujar Johanes Dopong, Kabid Wisata IMI Kalbar yang duduk sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalbar. (BangVe)

# TAGS : imi kalbar sirkuit ssa sirkuit pontianak