Road Race Batusangkar, Bagaikan Burung Lepas dari Sangkar
Road race Batusangkar, Sumatera Barat.
.

Road Race Batusangkar, Bagaikan Burung Lepas dari Sangkar

motorinanews (Batusangkar) - Lama tak pernah lagi digelar balap motor di kota Batusangkar, Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat membuat ratusan pembalap keluar kandang. Masa puasa panjang, seolah menjadi pelepas dahaga saat diadakan kejuaraan road race lagi.

Itulah yang terlihat ketika digelar "Bhayangkara Road Race Open Championship 2018" di trek seputaran Lapangan Cindua Mato, Batusangkar. Ajang balap motor yang diusung Padang Automotive Sport Club (PASC) selaku penyelenggara diminati 430 starter pada Minggu (8/4).

Angka yang lumayan dengan starter sebanyak itu. Apalagi pembalap lokal banyak yang keluar kandang. Bagi mereka, inilah kesempatan tampil di depan publik yang disaksikan sekitar 7.000 pasang mata.

"Ajang balap ini berkat dukungan Kapolres Tanah Datar. Kita gabung dengan pentas kesenian dan kebudayaan lokal pada Sabtu malam," sebut Nailul Azmi, Ketua Penyelenggara dari PASC yang akrab disapa Caun.

Lokasi Batusangkar cukup strategis dijangkau. Pembalap top Sumbar dari berbagai kota pun tampil. Sebut saja seperti Febri Yaser (Pariaman), Yudi Nesya (Dharmasraya), Hamdi Patriosa (Solok), Benny Anggara (Sijunjung), Ivon Nanda, Kiding Taruna dan Yayang Erlando (Payakumbuh) yang ditantang pembalap tuan rumah M Teguh Satria (Batusangkar).

"Event ini dimaksudkan menciptakan atlet balap berbakat yang memiliki potensi berprestasi tanpa pengaruh narkoba. Selain itu, meniadakan balapan liar di jalan umum yang marak terjadi," tutur AKBP Bayuaji Yadha Prajas, SH selaku Kapolres Tanah Datar.

Pantas terpasang spanduk berisi motto No Drug But Race. Meski sempat terjadi accident saat kelas Sport 155cc digelar, namun pembalap dan penonton yang tertabrak segera dirawat ke rumah sakit.

Balapan berjalan tertib, aman dan lancar. "Melihat animo peserta dan penonton, ajang ini bisa menjadi agenda balap motor yang terus diadakan di Batusangkar," pungkas Caun. (Bangve)

# TAGS : road race batusangkar road race sirkuit cindua mato