MBU MX Team Sebatik Makin Menarik Simpatik
Mega Bintang Utama MX Team Sebatik.
.

MBU MX Team Sebatik Makin Menarik Simpatik

motorinanews (Sebatik) - Tim balap kuat tentunya harus didukung personel kuat. Mulai dari owner, pembalap, mekanik dan crew. Apalagi untuk mengikuti kejuaraan nasional, bahkan dibutuhkan management tim yang profesional. Termasuk untuk tim motocross dan grasstrack.

Seperti MBU MX Team Sebatik di Kalimantan Utara. MBU singkatan dari Mega Bintang Utama baru saja menyabet Juara Umum di event "Kejurnas Grasstrack Region IV Kalimantan Putaran 1" pada Minggu (8/4/18). Balap yang digelar di sirkuit milik PT Resky Utama Sebatik (RUS) dikuasai crosser Mario Salontahe yang membela MBU MX Team.

Mario keluar sebagai Juara Umum di kelas Senior dan Juara 1 di kelas SE. "Perjuangan berat karena mengalahkan Andre Sondak yang harus puas runner-up di motto 1 dan 2. Dan hadiah utama dua unit motor dibawa pulang," ulas Amran Majid, Ketua Tim MBU MX Sebatik yang didukung penuh H. Nuwardi, Pemilik Tim yang biasa disapa Haji Momo.

Sebelumnya, Mario dan Breifel Wales duet crosser MBU berhasil mendominasi juara di setiap kelas di ajang Nikki Autonation Seri 1 di Kab. Soppeng, Sulawesi Selatan (7-8/3/18). Dua pekan kemudian, Mario Salontahe kembali merajai Nikki Autonation Seri 2 dan Aco Tournament di Kab. Sidrap, Sulsel.

Flash back ke tahun 2008,  awalnya terbentuk MBU. Ketika itu bernama Bina Karya Motor yang diarsiteki mekanik bernama Kardi dari Makassar dan Bahar dari Sebatik. Lalu Ramli Karere tandem dengan saudaranya Anca Karere sebagai joki pacu. Keduanya bertahan sampai akhir 2010.

Awal 2011 joki diganti Mario Anggoro dari Bandung. Muh Ilyas mulai ambil bagian sebagai Asisten Mekanik di bawah Kardi dan Bahar. Pertengahan 2011, tim berbenah diri dengan perombakan motor. Pembalap diganti Bion Senduk dari Palu, Sulteng dengan mekanik Muh Irfan Mangge bersama Sukri Ukky sebagai asisten.

"Mekanik yang jagoan kilik mesin menjadi masalah ketika itu. Penyebabnya Bahar undur diri. Akibatnya, tim BKM main di Tarakan dengan hasil Nol Besar," kenang Haji Momo.

Awal 2012 terjadi pergantian nama dari BKM menjadi MBU Motor Sport. Sejak itu, Bion Senduk berhasil Juara Umum saat Kejurda Seri 3 Bupati Cup di Sebatik. Lalu awal 2013 tim coba main ke luar daerah.

Sepanjang 2014 tim kembali meraih sukses. Sebut saja Kejurda di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Lanjut ke Kab. Wajo di Sulsel, Juara Umum lagi. Masa surut pun terjadi sejak Kejurda di Palu.

"Akhirnya vakum setahun, tim balik ke markas di Nunukan, Kaltara. Meski dicoba main, hasilnya tak memuaskan. Awal 2017 MBU Motor Sport berganti nama jadi MBU MX Team Sebatik," urai Anci AJM, Manager Team.

"Formasi crosser berubah, yakni Nigel Palandeng asal Manado tandem dengan Frando Kawung, keduanya dari Manado, Sulut," sebut Anci AJM sambil menyusun kekuatan baru tim.

Kini hasilnya mulai memikat dan menarik simpatik. Rencana ke depan, Mario Salontahe konsen di Senior dan Fernando Tulandi di Junior. Selanjutnya tinggal faktor Luck atau keberuntungan menjadi kunci kemenangan. (Bangve)

# TAGS : grasstrack mbu mx team mega bintang utama