Ini Dia Sosok yang Menghidupkan Kembali Sirkuit AMX Lamnyong Banda Aceh
Zamaluddin (kiri) hidupkan sirkuit terbengkalai.
.

Ini Dia Sosok yang Menghidupkan Kembali Sirkuit AMX Lamnyong Banda Aceh

motorinanews (Banda Aceh) - Lama tak pernah dipakai lagi sejak tahun 2012, kini Sirkuit AMX Lamnyong di Banda Aceh hidup kembali. Sejarah mencatat, trek pernah dipakai untuk Kejuaraan Nasional yang dihadiri crosser papan atas di zamannya. Muncul lagi semangat baru mengaktifkan sirkuit itu.

Apalagi lokasinya sangat strategis di dalam kota Banda Aceh. Posisinya hanya berjarak 3 km dari Polda Aceh dan berada dekat kampus Unsyiah Kuala. Tentunya menjadi mudah diakses menuju sirkuit. Mobilisasi kendaraan jadi lebih dekat dan mudah.

Pemandangan sirkuit terlihat menjadi indah karena berada di pinggir sungai, dekat dari muara ke lautan lepas. "Sirkuit ini terbengkalai selama 6 tahun. Sejak kepindahan Syamsul Bahri, Kapoltabes Banda Aceh kegiatan grasstrack dan motocross meredup. Sebab beliau sangat mendukung olahraga garuk tanah," ungkap Zamaluddin dari Aceh MotoX (AMX).

Klub AMX inilah yang membuka kembali lahan menjadi sirkuit. Kini, sebuah pagelaran balap `garuk tanah` disiapkan. Dengan mengusung titel "Super GTX & MX Piala Gubernur Aceh" pada Sabtu Minggu, 28-29 April 2018, maka terbukalah kenangan lama. Kejuaraan terbuka ini bakal dihadiri crosser terbaik di Sumatera.

Gubernur Aceh, drh H Irwandi Yusuf mendukung kegiatan dan menyediakan trofi. Tak hanya itu, tanah milik pemerintah tersebut bisa digunakan permanen sebagai sirkuit dengan harapan semakin sering menggelar kejuaraan. Agenda event tahunan pun harus dibuat.

Ada 12 kelas disediakan penyelenggara, mulai dari Senior, Junior, Pemula dan Lokal Aceh, termasuk dua kelas Super Engine (SE) 65 dan 250cc. Hadiah utamanya 2 unit sepeda motor. Ponsel nomor 085296288884 bisa dikontak untuk informasi lebih lanjut. Bisa juga sambangi Sekretariat Panitia di Jln Ayah Gani No.2, masuk dari depan RSUZA. (BangVe)

# TAGS : sirkuit amx lamnyong banda aceh sirkuit motocross